![]() |
Desain membaik, tapi masih khas Amerika |
Mobil SUV sebagai mobil Kedua biasanya diburu kalangan menengah untuk keperluan diluar pekerjaan. Sebagai mana tulisan Eikke terdahulu, Eikke akan kasih tips memilih mobil real SUV berharga dibawah Rp 500 juta.
Baca juga : Memilih SUV sebagai mobil Kedua, Renault Duster.
Kali
ini saya sodorkan merek Amerika. Ingat, saya tulis 'Merek Amerika' lho
ya, bukan mobil Amerika. Karena di Amerika Serikat mobil ini justru
tidak dipasarkan.
Kok aneh?
Ya, suka-suka mereka lah. Itulah strategi
Marketing. Local Think, Global Act. Memilih mobil ini kayak kita makan
paket Nasi+ayam+telur, yang jadinya paket nasi plus, disingkat PaNas
plus yang hanya ada di Indonesia.
Tapi Chevrolet Captiva bukan hanya di Indonesia. Eh? Katanya local act?
Iya…betul,
local act. Tapi mobil ini juga dipasarkan di Aussie. Tapi dengan Brand
Holden Active. Bukan hanya berbagi platform, tapi keduanya sama, kecuali
masalah bagde dan beberapa fitur penyesuaian.
Captiva ditawarkan dengan 3 trim kemewahan, mereka adalah :
Captiva LS. 2.000cc Diesel VGT Front wheel drive, ditawarkan dengan harga Rp 430 jutaan.
Captiva LTZ. 2000cc front wheel drive, ditawarkan dengan harga Rp 445 jutaan.
Dan trim tertinggi dan termahal adalah LT All wheel drive, 2000cc, ditawarkan dengan harga Rp 495 juta.
Semua harga on the road.
Entah
kabar baik atau kabar buruk, tapi mobil ini semua bertransmisi
Otomatis. Nggak apa-apa, walau Otomatis tapi dilengkapi dengan sistem
perpindahan gigi manual sekuensial alias berurutan yang oleh Chevrolet
disebut Driver shift control. Jadi kalau mau sedikit ngebut, pada posisi
D, cukup geser tuas transmisi ke kiri, selanjutnya Yiech bisa
mengoperasikan perpindahan gigi secara manual. Dorong ke depan untuk
gigi tinggi, tarik belakang untuk gigi rendah, wuzzzzz….on the wuzzz
deh. Hehehe
Kalau saran saya, silakan pilih yang All Wheel Drive, karena lebih tangguh di medan off road. Bukan off road yang berat-berat amat sih. Tapi kalau lumpur-lumpur tipis sehabis hujan dijalan pedesaan akan dilumat habis.
Asyiknya,
harga Chevrolet nggak fix, Yiech bisa meminta penawaran harga dari
harga brosur. Caranya isi form yang ada di situs web Chevrolet
Indonesia.
Urusan
keamanan juga melimpah ruah. Captiva dilengkapi Electronic Stability
Program, Anti Lock Braking System, Electronic Brake Distribution, serta 8
buah Air bag.
![]() |
Interior, masih Khas Amerika. Mengkotak |
Kabar buruknya, walau bermesin Diesel, tapi tak menjamin efisiensi bahan bakar. Untuk dalam kota, hanya bisa menempuh 7km/liter, sedangkan di jalan Tol hanya sanggup menempuh 12km/liter.
Ada dua hal tentang mobil ini yang jadi point perhatian saya secara pribadi.
Pertama,
orang beli Chevrolet biasanya tak terlalu mempermasalahkan efisiensi,
karena mereka sadar bahwa Mobil Amerika nggak irit-irit amat.
Kedua,
konsumen yang membelanjakan duit dibawah Rp500 juta untuk sebuah SUV,
biasanya masih mempermasalahkan efisiensi bahan bakar.
Jadi bagaimana?
The choice is yours
Opini Pribadi
Data teknis
Kapasitas Mesin: 1998 cc
Tenaga Maksimal: 161 hp
Torsi Maksimal: 400 Nm
Bahan Bakar: Solar, Diesel Fuel
Mesin: 2 L
Sistem Suplai Bahan Bakar: CRDi
AC: Dual Zone, ionized
Tipe Lampu Depan: Halogen
Suspensi Depan: MacPherson Strut
Suspensi Belakang: Multi-Link
Tipe Transmisi
: Otomatis, dengan mode manual
Jenis Penggerak: AWD (Semua Roda)
Jumlah Silinder: 4
Katup per Silinder: 4
Ratio Kompresi: 16.3:1
Gearbox
: 6 Speed
Steering Gear Type: Rack & Pinion
Konfigurasi Katup: DOHC
Capacity
Jumlah Pintu: 5
Tempat Duduk: 7
Tangki Bahan Bakar: 65 L
Tipe Rem Depan: Disk Berventilasi
Tipe Rem Belakang: Disc
Brake Assist: Ya
Post a Comment
Click to see the code!
To insert emoticon you must added at least one space before the code.
Click to see the code!
To insert emoticon you must added at least one space before the code.
Click to see the code!
To insert emoticon you must added at least one space before the code.
Click to see the code!
To insert emoticon you must added at least one space before the code.