Hanya tulisan Retjeh...

Mitsubishi Expander. Benarkah akan menjadi Xenianza Killer?

Expander bakal jadi Xenianza Killer?


Mitsubishi XM Concept pada IIMS 2017


Pada gelaran Indonesia International Motor Show  (IIMS-Saya berkunjung pada hari sabtu, 29 April 2017) lalu di kawasan PRJ Kemayoran, saya melihat sekilas tentang sebuah produk baru Mitsubishi yang masih merupakan konsep. Dibalut warna Gold, struktur body menyerupai MPV, dengan ground clearance yang lebih tinggi dari umumnya MPV hingga kadang membuat kita ragu, apa benar ini MPV?
Bahasa desain masih sama dengan Mitsubishi lainnya. Dan Siluet ini mengingatkan saya pada Pajero.


Yang menjadi perhatian saya adalah absennya Spion konvensional dan digantikan dengan dua buah kamera yang tempatnya 'menggeser' letak spion kanan dan kiri. Konsep itu diberi nama XM Concept. Kendaraan ini seolah menegaskan bahwa itulah kendaraan masa depan besutan Mitsubishi yang merupakan gabungan antara SUV dan MPV. Dimensinya yang nggak terlalu besar sepertinya menjanjikan kelincahan untuk pengendaraan dalam kota.


Saya abai pemandangan indah itu. Bagi pecinta otomotif, itulah desain Small MPV yang terindah. Iyalah, indah, kan masih konsep. Dan saya nggak tertarik. Karena dalam benak saya, tuh mobil paling nggak hadir lima, atau bahkan sepuluh tahun mendatang, walau di boot Mitsubishi tertulis jelas, bahwa XM Concept akan hadir tahun ini.

Tapi saya tetap menyempatkan diri mengunjungi Boot XM Concept. Dari samping samping terlihat siluet yang mengingatkan saya pada desain Pajero, SUV besutan Tiga Berlian yang menjadi penantang Sang Fortuner. Tampak gagah.
Mitsubishi Expander, feel like dream come true!
Kini beberapa bulan kemudian ada kawan mengabarkan bahwa XM Concept telah diproduksi massal! Bahkan udah pada inden. Yang lebih memukau lagi, XM Concept yang kini telah diberi nama resmi Expander itu dijual dengan rentang harga Rp 189 juta sampai dengan Rp 246 jutaan.

Interior pada varian Ultimate Automatic. Wow!!!

kayaknya makin berat aja nih perjuangan Xenia dan Avanza mempertahankan gelar sebagai mobil terlaris.

Tanpa basa-basi, kita geber aja mengenai detil Expander. Tulisan merupakan opini pribadi yang disarikan dari berbagai sumber dan tak memihak. Karena saya tak dibayar pihak manapun untuk menurunkan tulisan ini.

Monggo:
Ultimate A/T Rp 246 juta
• Two Tone Beige/Black Interior
• Wood Panel
• HU Monitor
• Rear Camera
• Bluetooth Telephony Steering Switch
• Bodykit
Exceed A/T Rp 232 juta
• Velg Alloy 16″
• Optitron Speedo + Full TFT MID
• LED Bar Stoplamp
• Audio Steering Switch
• Smart Key + Start Stop Button
• Electric Retract
GLS A/T Rp 219 juta
• 4 Speed Gear A/T
GLS M/T Rp 209 juta
• Velg Alloy 15″
• DRL
• Foglamp
• ABS, EBD, BA
GLX A/T Rp 199 juta
• 4 Speed Gear A/T
GLX M/T Rp 189 juta
• Velg Kaleng + Dop
• Lampu Senja Bohlam
• Stoplamp Bohlam
• Dual SRS Airbags
• AC Double Blower
• Immobilizer
• Rear Wiper
• 4 Doors Power Window
– Tipe mesin: DOHC 16 vale, ECI multiple
– Displacement: 1499 cc
– Bore x Stroke: 75.0 mm x 84.8 mm
– Rasio kompresi: 10.5:1
– Tenaga: 118 hp (88 kW; 120 PS) pada 6.000 rpm
– Torsi: 145 Nm (107 lb·ft) pada 4.000 rpm
Penulis : YS Pujiono

Label:

Post a Comment

[blogger]

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget