Hanya tulisan Retjeh...

Test Drive :Land Rover Defender 2014

#Landrover ##Defender #Offroad

Kalau sampean nebak bahwa ini adalah Land Rover, jawaban ente benar. Defender tepatnya. Kalau Sampean mengira ini buatan tahun 80an, atau awal 90an, sampean keliru! Ini adalah Defender buatan tahun 2014.
Seperti yang sampean lihat, Defender tak banyak berubah dari waktu ke waktu. Seperti cintaku kepadamu, iya..kamuuu! Hahahahaha
Bahkan sejak tahun 1947 sejak awal diluncurkannya. Yiech bisa lihat kan, bahkan fitur hiburan pun masih berupa head unit single din.
Plus USB port yang bisa memutar format lagu MP3 atau untuk mengisi daya yiech punya gadget.
Walau ini keluaran baru, yiech tak bisa berharap fitur-fitur mewah. Seperti kontrol traksi, hill descent control, atau adjustable suspension. Tidak ada!
Transmisinya pun manual dengan pedal kopling yang berat. Sedangkan transfer case masih menggunakan tongkat. O ya, di mobil ini tak ada opsi 2 wheel drive. Sampean akan 'dipaksa' berjalan dengan mode all wheel drive. Sedangkan tongkat transfer case hanya untuk memilih mode antara 4H dan 4L. Satu hal lagi fungsi tongkat transfer case, untuk differentials lock untuk melewati medan yang berat supaya traksi bisa maksimal keempat rodanya. Caranya dengan menggeser tongkat transfer case kearah kiri ketika mode 4L
Untuk memindahkan mode berkendara dari kedua mode, baik dari 4H ke 4L atau sebaliknya, sampean diharuskan berhenti dulu, kalau pun jalan, tak boleh melebihi batas kecepatan 5km/jam.
Interior dari dulu ya gitu-gitu aja. Nggak banyak berubah.
Land rover masih mempertahankan struktur body lama, dengan Ladder frame serta body aluminium. Anda tak perlu kawatir ada pengendara motor ngawur yang akan menabrak dari belakang. Karena bahan aluminium yang dipakai sangatlah kuat. Dan saya jamin penabrak akan kapok, karena dia yang akan babak belur bak menghajar tembok. Hhmm...kayaknya cocok dipakai di Jakarta, gak bakal kawatir penyok karena pemotor.
Sambungan body pun masih mempertahankan paku-paku keling dan baut yang dibuat kasar tapi rapi.
Apa Defender buatan tahun 2014 ini dilengkapi ABS, EBD, atau fitur keselamatan aktif lain?
Forget it!
Sekali lagi, tidak ada!
Apa ada Air bag?
Absen pula!
Hanya pretensioner seat belt.
Apakah defender nyaman? Tidak ada kata nyaman. Memang, posisi mengemudi sangat ergonomis. Untuk ukuran mobil tahun 80'an! Hahahahah
Seberapa asyik dikendarai?
Nggak asyik juga! Respon stir nggak presisi, kopling berat, pedal rem berat, pedal gak nggak kalah berat.
Bagaimana mesinnya?
Ini yang istimewa.
Karena mesin dieselnya  2200cc, dengan turbo charger bisa meletupkan torsi(momen puntir) 360 Newton meter pada 1600 rpm.
Kabar buruknya, konsumsi bahan bakar dalam kota, adalah 8 -9 km /liter. Kabar baiknya, mesin Land Rover didesain untuk bisa Mengkonsumsi solar dengan sulfur tinggi atau Solar B20 yang banyak terdapat di negara dunia ketiga.
Saya tidak tahu kenapa, tapi Land Rover ini sangat tangguh di medan off road. Kalau sampean punya kesempatan nyoba, carilah tanjakan dengan kemiringan 35derajat, pindah transfer case ke 4L, masukan gigi satu. Injak pedal gas seperlunya, maka monster Inggris ini akan dengan mudah melaluihya.
Tetap dengan mode yang sama cari turunan curam, lepas pedal gas, biarkan mobil turun tanpa bantuan apapun, maka disinilah Anda akan mengerti, kenapa Defender nggak dilengkapi Hill Descent Control, karena engine brake akan berfungsi secara luar biasa hebat.
Anda tidak perlu tanya, apakah Land Rover pelit teknologi untuk diberikan pada Defender ini. Sama sekali tidak. Land Rover juga memproduksi Range Rover. Mobil super nyaman dengan segudang teknologi. Teknologi kenyamanan dan keamanan nomor wahid di sediakan pada jajaran Range Rover.
Tapi kenapa Land Rover Defender ini dibuat kayak mobil tahun 80'an?
Land Rover pengin menghadirkan sebuah benda kenangan yang tangguh dan legendaris. Tetap dengan esensinya sebagai mobil off road sejati. Tetap dengan kemurniannya sebagai mobil pelahap medan lumpur.
Kalau misalnya ente punya Range Rover, taruhlah, Discovery, apakah ente tega mengajaknya melahap lumpur atau ber-off road ria?
C'mon, kita mondar-mandir aja di depan rumah Luna Maya, siapa tahu disuruh mampir ngopi…hehehe
Lalu berapa harganya?
Sangat mahal! Mahal banget. .
Sediakan dua unit Fortuner VRZ 4x4 untuk memiliki unit ini. Karena harga barunya 1,1 Milyar lebih 50 Jeti dalam mata uang rupiah. Itu pun sekarang sudah tidak ada unit baru. 2014 adalah tahun terakhir diproduksinya sang Defender.
Dan mungkin sekarang harga bekas untuk yang dirilis tahun 2014 bisa melebihi harga barunya.
Lalu manusia idiot mana yang akan membelinya?
Heyyyy...segmen ini untuk hanya untuk mereka yang benar-benar tahu esensi dari sebuah kendaraan Off road.
Okay lah, dengan duit 1 Milyar anda sudah dapat BMW seri 5, atau satu unit Honda Accord plus satu Unit Honda HRV untuk istri simpanan atau pacar gelap.
Tapi kalau Anda mengemudikan sendiri Accord atau BMW, Anda pasti dikira Sopir.
Tapi dengan mengendarai Defender ini, bahkan dijalan pun Anda akan dikasih prioritas tersendiri oleh pengemudi BMW. Pertama, mungkin pengendara BMW berfikiran Anda benar-benar orang kaya tapi anti kemapanan. Kedua takut BMWnya lecet bersenggolan dengan Monster dari jaman perang dunia dua!!!

Opini Pribadi
Label:

Post a Comment

[blogger]

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget