Hanya tulisan Retjeh...

Sang legenda, HM Soeharto

Awalnya saya berfikir, mubadzir nulis tentang beliau. Hampir semua orang se-endonesa (sengaja saya tulis gini) tahu, kecuali yang tidak.
Mengawali karir Militer sejak kependudukan Belanda, Jepang, sampai NKRI dan mengakhiri karir Militer dan mengawali karir sebagai presiden, panglima tertinggi angkatan darat pada 6 Juni 1968, dan bla...bla...bla yang lain.

Kekuasaannya berakhir pada tanggal 21 mei 1998 dengan meninggalkan carut cemarut di negeri yang bukan warisan kumpeni ini.

Ada banyak kontroversi tentang beliau.

Tapi pada tulisan ini, saya pengin sampaikan, bagaimana pun juga, beliau bapak bangsa. Beliau pernah memimpin negeri ini, dari sebuah negeri yang tertatih-tatih, baru belajar 'jalan' dan saat banyak yang mencoba 'menjegal', dan memberontak, beliau berhasil meredam, bahkan menumpas.
Disitu menunjukkan kelas beliau sebagai seorang prajurit. Bahkan Timor-timur (Timor Leste), berhasil menjadi bagian dari NKRI pada masa pemerintahan. Sekali lagi, peran beliau sebagai seorang pemberi perintah tak diragukan lagi.

Mengingat beliau, setidaknya ada tiga kata (kalimat) yang cukup akrab. Pertama, Orde Baru. Kedua Pelita (Re-pelita), Ketiga, The Smiling General. Bagi yang punya kata lain, silakan tambahkan.

Label:

Post a Comment

[blogger]

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget